Powered By Blogger

Sabtu, 05 Juni 2010

Proses Pembuatan Gibson Custom Guitar(with PIC!!!)




Spoiler for gitar custom les paul terbarunya gan,cekidot:

Black Beauty

50th Annivesary 1960 Les Paul Custom 'Black Beauty'
When Les Paul and Gibson president Ted McCarty conceived of the Les Paul Custom model in the early ’50s, it was as a top-of-the-range partner to the Goldtop, and later sunburst, Les Paul Standard, with upgraded appointments and an Ebony finish to match the “black-tie” dress at the kinds of functions where it would be right at home.

The “Black Beauty” debuted late in 1953 to instant acclaim, but it would be a few years before the design would reach its zenith. The 1960 Les Paul Custom, upgraded with two gold-plated PAF humbucking pickups and a super-fast, slim neck, is often considered the epitome of the breed—and its back and dressed for the ball, in the form of the Gibson Custom Shop’s new 50th Anniversary 1960 Les Paul Custom. Just like the original—intended to emulate the tux a jazz artist would wear to perform at a formal function—the 50th Anniversary 1960 Les Paul Custom has a high-gloss nitrocellulose Ebony finish, multi-ply binding on body and headstock, an ebony fingerboard with mother-of-pearl block markers, a larger headstock with mother-of-pearl split-diamond inlay, and gold-plated hardware throughout.


sumber




Gitaris mana sih yg ga kenal Gibson? Ya bener, gibson merupakan merk gitar terkenal yang melegenda di dunia, dan salah satu produk unggulannya yaitu Les Paul yang sering digunakan oleh Keith Richards, Eric Clapton, Jeff Beck, Peter Green dan banyak gitaris ternama lainnya.

Disini ane mau nunjukin tahapan pembuatan Gibson Custom Guitar langsung dari pabriknya gan, langsung aja ya.

Spoiler for tahap 1:


Semprotan kabut dari pipa di langit-langit ini cukup untuk membasahi udara dan akan membuat ruangan dalam gedung Nashville's Elm Hill Pike terjaga di kelembaban 45 persen untuk menjaga kualitas kayu indah yang digunakan dalam gitar iconik yg dibuat disana seperti : Les Paul, SG, L-5, Flying V, Super 400 dan banyak yang lainnya.


Kayu disihir menjadi body guitar yang sempurna
Spoiler for tahap 2:



Unsur yang paling penting dari gitar Custom Shop, selain mutu maupun kerajinan ialah kayu diantaranya : mahogany; spruce, maple, dan holly dari Kanada, Pacific Barat Laut dan Timur Laut.
Di Custom Shop ini, mesin yang memprogram di pabrik pada awalnya mengukir neck dan body dari beberapa model gitar.


TLC untuk neck dan binding
Spoiler for tahap 3:






Selanjutnya adalah proses pembuatan neck. Neck kemudian dihaluskan dan diratakan. Dua lubang kecil dibor sebagai tempat untuk fretboard. Kayu yang dipakai untuk fretboard biasanya rosewood atau ebony dan setiap bagian prosesi ini dilakukan dengan tangan sehingga tidak ada ruang untuk kelalaian.


Body sanding dan Pickguard Tricks
Spoiler for tahap 4:







Neck Fitting dan Counterfeiting
Spoiler for tahap 5:






Pleked to Perfection
Spoiler for tahap 6:




Tahapan mewarnai gitar
Spoiler for tahap 7:










Tahapan akhir
Spoiler for tahap 8:














Tidak ada komentar:

Posting Komentar